Restore Whatsapp Chat dari Backup Offline tanpa Google Drive

Whatsapp adalah aplikasi Multi Platform Chat yang banyak digunakan di Seluruh Dunia, Maka developer Whatsapp juga membuat aplikasi yang bisa digunakan untuk berbagai macam device, dari Android, iOS, windows Phone sampai dengan aplikasi yang bisa berjalan di PC, Laptop atau Macbook. Hampir Seluruh orang di Dunia memiliki Nomor Whatsapp, termasuk anda juga tentunya.

Aplikasi Whatsapp menjadi paling populer juga di Indonesia, bahkan provider internet yang di Indonesia juga banyak yang memberi unlimited untuk aplikasi whatsapp ini. Saking banyak penggunanya, kini setiap orang punya whatsapp untuk dijadikan chatting dengan keluarga, teman, pacar, sahabat, hingga untuk kebutuhan sekolah dalam masa PSBB maupun PPKM. 

Pemakaian Aplikasi Whatsapp yang sering digunakan ini membuat aplikasi Whatsapp kamu semakin hari semakin membutuhkan Memory Internal yang makin besar. bahaya juga kalau Internal Storage sudah hampir kepenuhan, hal ini dapat berakibat aplikasi penting atau utama dapat berhenti bekerja karena sudah kepenuhan, berarti kamu perlu upgrade Device / Handphone dengan Internal Storage yang lebih besar.

Permasalahannya adalah ketika membeli device baru, kita harus merestore data chat kita dari Backup file Chatting dari Handphone lama ke Handphone baru. atau jika anda dapat memungkinkan upgrade internal storage handphone anda sendiri. Yang perlu dilakukan adalah membuat Backup. 

Backup


Backup Online

Whatsapp sudah lebih dari setahun mendukung penuh secara online backup dan restore melalui aplikasi Whatsapp sendiri. Baik whatsapp pribadi maupun Whatsapp Bussiness keduanya mendukung metode Backup chatting bekerjasama dengan perusahaan Google sebagai pihak penyedia server penyimpan data yaitu Google Drive.

Namun, permasalahan akan muncul ketika jumlah file Backup dalam perkiraan data whatsapp sendiri jika mencapai angka Giga. Tentu kuota yang dibutuhkan akan semakin banyak dan waktu backup yang semakin lama. Solusi yang dibutuhkan adalah Backup secara Offline.


Backup offline

Cara backup offline mirip seperti migrasi daata dari HP lama ke HP Baru. Untuk melakukan aksi ini kamu butuh sd card / memory external di handphone lama. Kalau ga punya nanti susah. Karena harus mindahin pakai PC atau bluetooth, waktunya makin lama. Paling cepat dan praktis lewat memory external apa saja yang bisa dipalai. Pakai otf flashdisk pun bisa.


Berikut Langkahnya :

1. Matikan internet, hal ini mencegah whatsapp akan melakukan otomatis update backup ke server online.

2. Buka Whatsapp / Wa Bussiness

3. Buka setting, chats, ChatBackup

4. Klik Backup - tunggu sampai selesai, biarkan notifikasi upload, tidak perlu diupload karena offline

5. Buka file manager / file explorer atau file management , navigasikan ke internal storage HP. Cari folder Whatsapp / Whatsapp Bussiness, kalau sudah ketemu foldernya

6. Copy 1 folder utuh Whatsapp atau Whatsapp Bussiness ke memory external yang kamu pakai. Bisa sdcard bisa flashdisk otg yang anda pakai, Lebih baik Copy dari pada Cut

7. Pindahkan ke Handphone baru anda, 1 Folder pindahkan semua, intinya ke Folder utama dari Internal Storage,

8. Install Whatsapp, lalu login seperti biasa dengan Nomor Handphone, Maka Aplikasi Whatsapp akan mendeteksi Otomatis keberadaan Folder Whasapp atau Whatsapp Bussiness didalam Folder Internal Storage.


Pertanyaan ?

1. Sudah dicoba kapan ? Ya, cara ini saya coba bulan Januari 2021 baik Whatsapp Biasa Maupun Whatsapp Bussiness

2. Besar filenya apa bisa ? Ya, bisa estimasi file saya juga 400MB

3. Bagaimana dengan Foto ? Foto tergantung pada Storage, Intinya Whatsapp ini juga tidak menyimpan didalam Server, semua komunikasi adalah Peer to Peer, user to user dengan mode terenkripsi


Jika anda masih ada pertanyaan silahkan Kontak Kami, Terima kasih


WhatsappBackup WhatsappOffline BackupGoogle DrivePindah WhatsappMigrasi WhatsappCara Cepat Pindah Whatsapp

Bagikan ke social media :


Restore Whatsapp Chat dari Backup Offline tanpa Google Drive
Read Article